Rabu, 10 Juni 2009

Pertimbangan dalam menetapkan Anggaran Periklanan

1. Apa tujuan Iklan ?
Besarnya anggran periklanan harus mengikuti tujuan spesifik iklan yang ditetapkan ; tujuan yang ambisius memerlukan anggaran iklan yang lebih besar. Begitu juga jika iklan dimaksudkan untuk meningkatkan pangsa pasar merek produk tertentu, maka diperlukan anggaran yang lebih besar dibandingkan bila tujuan periklanan hanya untuk memelihara kesadaran konsumen akan nama merek.

2. Berapa besar pengeluaran dan aktivitas iklan pesaing ?
Dalam pasar yang sangat bersaing lebih banyak diperlukan investasi dalam iklan, dengan maksud untuk meningkatkan atau sekurang-kurangnya untuk memelihara posisi pasar.

3. Berapa jumlah dana yang tersedia untuk beriklan ?.
Analisis akhir dalam penyusunan anggaran periklanan ditentukan oleh manajemen puncak tentang seberapa banyak mereka dapat menyetujui anggaran yang akan dikeluarkan untuk beriklan.

Ketiga faktor di atas saling terkait satu sama lainnya pada saat kita menetapkan anggaran periklanan.

Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, Pelaku Bisnis, Trainer & Dosen Manajemen Periklanan)
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar