Senin, 29 Oktober 2012

AMBIENT MEDIA SEBAGAI TEROBOSAN & SOLUSI DALAM BERIKLAN


oleh : Kanaidi, SE., M.Si - 2011


Beberapa alasan perkembangan iklan ambient media antara lain: sebagai bentuk penolakan terhadap kekuatan media tradisional, kebutuhan komunikasi langsung di tempat penjualan (point-of-sales), keunggulannya yang mampu menjangkau target dengan tepat, serta kecerdasannya dalam berbagai hal.

Misalnya :

Wanita cantik dan enerjik yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Pelita Harapan, Jakarta ini memiliki pembawaan riang dan senang berbagi bersama teman-temannya. Seperti ketika dia melihat iklan ambient TV Plasma Samsung bolong di depan Plaza Senayan Jakarta beberapa tahun lalu, dia langsung share ke teman-temannya karena begitu excited dengan iklan ambient tersebut.


“Awalnya sih aku ngga merhatiin ya. Tapi pas macet, aku liat kok ada yang anehya. Tivi tapi bolong gitu. Bener-bener tivi, tapi layarnya bolong. Hehehe.. aku langsung cerita ke teman-teman kalo di PS ada iklan lucu.” (Wawancara di Jakarta, 18 Agustus 2009)
“Keanehan” yang disaksikan Wanita Cantik ini merupakan salah satu kelebihan iklan ambient media yang unik dan mampu menarik perhatian khalayak konsumen. Tak cuma itu, “keanehan” itu justru menimbulkan gema yang panjang di benak Wanita cantik itu serta kesan yang dalam di hatinya sehingga ia menceritakan pengalamannya tersebut kepada teman-temannya.

“Aku lama mikir, gila iklan itu keren
banget. Smart! Untuk bilang kalo
gambar tivi yang dihasilkan Samsung itu
sangat real seperti aslinya, iklannya
cukup dipasang seperti billboard di
pinggir jalan, dengan visual asli tivinya
tapi tengahnya dibolongin. Jadi waktu
kita melihatnya ya udah pasti kita ngeliat
gambar pemandangan asli di baliknya,
apa adanya. Aduh sayang waktu itu aku
ngga sempat moto. Padahal itu berkesan
banget buat aku.” . . . . (baca_selengkapnya ...................... 
pada Buku "Dasar-Dasar Periklanan" : Daya Pikat Pesan Iklan + Ambient Media sebagai Terobosan dalam Beriklan  atau ....click di



Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
embayen ... ambayen ... embaien ... ambaien ... embaient ... ambaient ... embayent ... ambayent



Tidak ada komentar:

Posting Komentar